RSS

MACAM-MACAM KAYU DI INDONESIA: Kayu Kalimantan


a) Balo merah
Kayu ini umumnya berwarna merah kecoklatan dan memiliki daya tahan yang kuat terhadap serangan hama seperti rayap dan teter jga tahan terhadap cuaca panas dan lembab, karena kualitasnya yang baik kayuini relatif mahal.
b) Kamfer Samarinda.
Jenis kayu yang ke-2 ini masih mirip-mirip sifatnya seperti balo merah namun kayu ini berbobot lebih ringan dan sangat cocok untuk bahan daun pintu minimalis, dan juga untuk bahan kontruksi atap dan plafon, apalagi jika melalui proses pengeringan dengan oven.

c) Bengkirai
Kayu bengkirai merupakan salah satu jenis kayu yang berkualitas bagus. Hal tersebut dapat dibuktikan pada saat dalam proses pengerjaan (pengerjaan kayu bengkirai). Kayu bengkirai ini mudah diproses seperti diserut, dipotong, diukir dll. Oleh sebab itu, banyak orang yang memasukkan kayu bengkirai ini ke dalam golongan jenis-jenis kayu pertukangan.
d) Kompas/kempas
Kayu ini masih satu family dengan kayu bengkirai namun serat kayunnya yang kebanyakan tida kteratur atau melintang menyebabkan kayu ini terlalu mudah ratak parah dan biasanya sampai berlubang. Pada kayu kelas super kayu ini berwarna coklat kemerah-merahan, namun pada kelas menengah warna kayu biasanya bercorak putih seperti bendera.
e) Kruing
Jenis kayu ini biasanya berwarna coklat memiliki serat yang lurus dan biasanya berminyak. Dalam keadaan kering kayu ini mirip seperti kamfer. Namun kayu ini dapat terserang hama kayu.
f) Meranti
Kayu meranti ada yang berwarna putih, dan coklat berserat lurus, dan berbobot ringan, jenis kayu ini kurang cocok untuk di jadikan kusen namun masih aman bila di jadikan bahan daun pintu.
.
.
#Air  #Desain #Eksterior  #Furniture #Interior #Lantai #Kamar #bangunan #bahanbangunan #rumah #desainrumah #properti #propertisyariah #riba #bebasriba #investasi #investasirumah #berkah #bahagia #hidupbahagia #gayahidup #sehat  #tips #trik #caramudah #kayu #indonesia #kayuindonesia

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment