RSS

BELAJAR DARI BANGKRUTNYA PT NYONYA MENEER

Image result for bangkrutnya nyonya meneer


Utang memang bisa bermanfaat untuk mengatur cash flow usaha. Tapi bila gak berhati-hati, utang bisa jadi bumerang. Kalau udah begini, bisnismu yang bakal jadi korban. Berikut adalah pelajaran besar dari peristiwa bangkrutnya PT Nyonya Meneer.
1. Hati-hati ketika ngajuin utang
Apapun bentuk utangnya, kamu memang wajib berhati-hati karena setiap kredit yang kamu ajukan ke bank pasti ada bunganya. Oleh karena itu manfaatkanlah utang dengan baik, sesuai tujuan awal kamu berutang. Kalau utangnya untuk keperluan bisnis, jangan sampai digunakan untuk hal konsumtif ya.

2. Ukur kemampuan finansial ketika berutang
Sebelum berutang, ukur dulu kekuatanmu untuk bayar cicilannya. Jangan pernah maksain berutang dalam jumlah besar, tapi tertatih-tatih ketika bayar utangnya. Batas maksimal utangmu adalah 30 persen dari total penghasilan. Jadi, jangan sampai kebablasan ya ketika mengajukan pinjaman.
3. Perhatikan arus kas usahamu
Ketika berutang, tandanya ada beban finansial yang kamu tanggung. Makanya, arus kas usahamu gak boleh berantakan. Pastikan membayar utang tepat waktu agar kamu terbebas dari biaya denda dan embel-embel lainnya. Kalau perlu, catat deh kapan tanggal jatuh temponya serta sisa utangmu yang belum terbayar.
4. Jaga hubungan baik dengan kreditur
Yang ini tentu erat kaitannya dengan ketepatan pembayaran. Selama kamu bayar tepat waktu, maka hal buruk gak akan terjadi. Begitu pun sebaliknya. Apa yang terjadi pada PT Nyonya Meneer justru gak baik untuk ditiru. Akhirnya sang raksasa jamu itupun malah ditumbangkan oleh kreditur yang gak lain adalah distributornya sendiri. 

So, makin paham dong sama aturan berutang yang baik. Intinya, jangan sampai mengalami apa yang dialami Nyonya Meneer ya.
.
.

#bisnis #tips #uang #investasi #hutang #riba #bebasriba #finance #properti #gayahidup #trik #bahagia #sukses #enterpereneur #developer #kontraktor #jasa #rumah #rumahrakyat #simpanpinjam #manajemen 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment